RENUNGAN HARIAN

BALANCE

Ketika Heri mengajak Tedi memancing, bukan jawaban yang menyenangkan yang ia dapat dari Tedi, melainkan jawaban yang menyakitkan. "Bertobat kamu Her, hati gini kok masih suka mancing. Ke gereja sana! Heri sangat tersinggung dengan pernyataan Tedi yang menganggapnya tidak pernah ke gereja. Menurut Heri sendiri, justru Tedilah yang kelewat rajin ke gereja, sampai-sampai kehidupannya sendiri tidak diurus.

Tanpa disadari seringkali kita salah mengartikan kehidupan pelayanan. Kita menganggap bila kita sudah memberikan waktu sepenuhnya di gedung gereja, maka pelayanan kita sudah sempurna. Kita menggangap orang yang refresing sebagai orang yang belum bertobat. Padahal bukan seperti itu tolak ukur sebuah pelayanan. Untuk apa kita terkenal sebagai seseorang yang aktif pelayanan tapi kalau rumah kita kotor, keluarga kita nggak kita pedulikan?

balance-renungan-harian-kristen
sumber gambar: kabarinews.com

Jika kita ingin melayani Kristus dengan efektif, kita harus memiliki keseimbangan dalam hidup. Kita tidak dapat terus-menerus melayani Tuhan dengan kecepatan penuh tanpa beristirahat atau menikmati liburan, karena nantinya kita sendiri yang akan ambruk. Semua harus berjalan balance. Bahkan kita pun juga butuh refresing, memancing misalnya.

Sobat muda, terkadang kita begitu asik dalam pelayanan hingga mengalami kelelahan dan mulai kehilangan visi yang sesungguhnya. Kita nggak punya waktu lagi untuk beristirahat hingga jatuh sakit, kita nggak punya waktu lagi untuk belajar hingga akhirnya di DO, kita nggak punya waktu untuk bekerja hingga akhirnyad di PHK, kita nggak punya waktu lagi dengan keluarga hingga akhirnya kita kehilangan yang namanya keluarga. Apa kita mau pelayanan kita berakhir seperti itu? Tidak, khan? Berusahalah untuk menyeimbangkan keseriusan misi kita dengan menghabiskan waktu untuk beristirahat serta menyeimbangkan tanggung jawab kita sebagai pelajar, pekerja maupun sebagai bagian dalam suatu keluarga. Jangan salah, Tuhan Yesus juga mengajarkan hal demikian pada pada muridNya!

Terjemahan Baru:
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat.    Markus 6:31

0 komentar

Posting Komentar