RENUNGAN HARIAN

MASUK SURGA KARNA BERBUAT BAIK?

Nggak sedikit orang yang beranggapan bahwa bila seseorang melakukan perbuatan baik sudah pasti bakal masuk surga. Makanya, banyak kita temui orang yang berlomba-lomba untuk menolong dan memberi sedekah pada sesama. Sekilas nggak ada yang salah, karena memang perbuatan yang mulia. Namun apa motivasi kita dibalik perbuatan baik kita? Untuk terima pujian? Diakui sebagai orang kaya dan baik hati? Supaya masuk surga? Bagaimana bila perbuatan baik kita itu dari hasil kejahatan? Apakah juga dikategorikan sebagai perbuatan baik? Apakah kita juga akan masuk surga yang kekal?
masuk-surga-karena-berbuat-baik-renungan-harian-kristen
sumber gambar: www.dramastyle.com

Menurut rasul Paulus, keselamatan di dasarkan pada kasih karunia Allah dan bukan pada setiap perbuatan baik yang dapat disombongkan (Efesus 2:8,9). Lalu dimanakah peran perbuatan baik? Dalam ayat berikutnya, Paulus mengambarkan orang percaya sebagai ciptaan "dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik (bukan karena pekerjaan baik), yang dipersiapkan Allah sebelumnya, Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya (Efesus 2:10).

Sobat muda, kita akan membuat kesalahan besar jika kita mencoba mencari cara kita sendiri untuk menuju surga yaitu dengan melakukan perbuatan baik. Perbuatan baik bukanlah jaminan keselamatan. Karena Alkitab sendiri telah menuliskan bahwa tidak ada seorangpun dapat melakukannya (Roma 3:23-28), semua karena kasih karunia Allah yang diberikan secara cuma-cuma pada kita. Jadi bukan karena perbuatan baik kita. Namun ini juga bukan berarti anugerah yang murahan, mengigat bahwa Yesus telah mati untuk membayar hukuman atas dosa kita. Kita diselamatkan untuk melakukan pekerjaan yang baik.

Sebagai manusia memang kita harus melakukan pekerjaan atau perbuatan baik karena itu salah satu wujud kasih yang Tuhan mau kita lakukan, namun tidak ada kaitannya dengan masuk surga. Jadi jelas sekali bahwa kita diselamatkan bukan karena melakukan perbuatan atau pekerjaan baik melainkan untuk melainkan karena kasih karunia yang Tuhan Yesus sudah berikan untuk kita. Karenannya jangan mudah percaya pada ajaran dan mitos serta anggapan yang tidak seturut dengan kehendak firman Tuhan!

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Terjemahan Baru:
Efesus 2:8  Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.

6 komentar

Unknown 27 Februari 2019 pukul 16.46

Ngawur...tafsiran sesat

Unknown 27 Februari 2019 pukul 16.49

Matius 7: 22-27.
Enyahlah hai kamu pembuat kejahatan.
Perkataan Yesus lebih tinggi dari Paulus.
Anda salaf tafsir!!

Unknown 27 Februari 2019 pukul 17.07

Kita hanya mendapatkan ayat2 ttg perbuatan baik tdk ada peran sama sekali dalam keselamatan haya terdapat pada surat2 Paulus...tdk terdapat pada Injil yg ditulis oleh murid2 Yesus langsung.
Pendapat paulus ini tdk didukung oleh murid2 Yesus yg lain.
Ini berhubungan dg pribadi Paulus sendiri yg sebelumnya orang yg berlumuran dosa...sehingga dg rendah hati setelah pertobatannya dan menjalani hidup suci ia mengambil kesimpulan keselamatan adalah hanya karena kasih karunia.

Unknown 27 Februari 2019 pukul 17.10

Ajaran sesat

Denis Desmanto 14 Agustus 2022 pukul 08.33

Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31( juga di Matius 22 : 37 - 39 dan Lukas 10 : 27 ), sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

[ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha ]

Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

[ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha " ]

Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

" . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )
🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

Tio Watch 19 Oktober 2023 pukul 00.27

Semoga kita semua masuk surga.

Posting Komentar