RENUNGAN HARIAN

NABI-NABI PALSU

Bacaan renungan: 2 Petrus 2:1-22

Kita berada di masa yang disebut oleh Alkitab sebagai akhir jaman. Kita tahu, bahwa masa ini adalah masa di mana nabi-nabi palsu akan muncul. Mereka akan menyesatkan orang-orang pilihan termasuk kita sebagai orang muda. Mereka punya cara yang mungkin tidak bisa kita duga sebelumnya. Mereka akan segera menggenapkan pekerjaan Iblis di dunia ini, yaitu dengan cara menaruh lalang di antara gandum.


Sumber gambar:learnthefaith.files.wordpress.com
Dalam bukunya yang berjudul "Manusia Rohani" seorang hamba Tuhan bernama Watchman Nee menuliskan dengan jelas bahwa pekerjaan Iblis adalah Ibarat meletakkan lalang diantara gandum. Bahkan Iblis yang menyesatkan itu tidak segan untuk seolah-olah memberitakan hal-hal yang tidak benar lebih banyak, ketimbang dustanya. Tujuannya hanya untuk menyesatkan orang-orang pilihanNya. Kebenaran akan diberitakan lebih banyak, tetapi dengan maksud supaya dusta Iblis akan dapat mengenai sasarannya. Iblis benar-benar licik (2 Kor 11:4)

Jangan heran, bahwa nabi-nabi palsu sekilas juga terlihat seperti nabi yang berasal dari Tuhan. Mereka adalah anak-anak penyamar yang licik, yaitu Iblis (Markus 13:38). Nabi-nabi palsu akan mengajar seperti nabi-nabi Tuhan, bahkan kecenderungan yang terjadi adalah nabi-nabi palsu akan lebih diterima oleh banyak orang ketimbang nabi-nabi Tuhan.

Lalu, bagaimana kita dapat mengetahui bahwa seseorang adalah nabi palsu atau bukan? Tuhan Yesus katakan,"...setiap pohon dikenal dari buahnya." Jadi amatilah buah kehidupan mereka, apakah buah perbuatannya sesuai dengan buah-buah Roh (Gal 5:22-23) atau berbuah keserakahan (cinta uang), penuh hawa nafsu dan keangkuhan hidup (1 Yoh 2:16)? Selain itu kita juga harus waspada dengan pengajarannya, karena tidak sedikit dari mereka yang mencampuradukkan kebenaranNya dengan hal-hal sesat dan palsu.

Sobat muda, hiduplah dalam kewaspadaan, ibarat domba yang selalu waspada terhadap serangan serigala! Begitu pula kita harus senantiasa hidup dalam tuntunan kuasa firmanNya dan juga dari RohNya yaitu Roh Kudus agar nabi-nabi palsu tidak mudah menipu kita!

Terjemahan baru:
Matius 17: 15 mengatakan "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

0 komentar

Posting Komentar