RENUNGAN HARIAN

PERCERAIAN BUKAN SOLUSI

Kawin cerai, sepertinya menjadi fenomena yang semakin lama makin menjadi biasa saat zaman ini. Tidak saja terjadi di kalangan artis namun juga berimbas pada anak-anak Tuhan. Sepertinya kisah asmara yang pernah dirajut sudah terlupakan begitu saja. Perhelatan yang dilakukan secara besar-besaran, tidak lagi memberikan kesan sama sekali. Hanya karena masalah sedikit timbul di antara mereka, dengan mudahnya mereka mengatakan cerai dengan berbagai macam masalah; tidak ada kecocokan, adanya kekerasan, pendapatan yang kurang dan beragam amasalh lainnya. Lebih tragis lagi, mereka mengatasnamakan Tuhan,"semua yang terjadi atas seizin Allah".

perceraian-bukan-solusi-renungan-harian-kristen
sumber gambar: sidomi.com

Memang, terasa terlalu dini kalau kita ngomongin soal ini. Tapi tidak ada salahnya kalau kita juga belajar dan berjaga-jaga agar peristiwa yang kita lihat sekarang tidak menjadi kebiasaan atau menimpa kita nantiya. itu sebabnya dalam membina sebuah hubungan, kita harus serius dan bertanggung jawab. Kita harus kritis untuk terus bertanya pada Tuhan, apakah benar dia adalah penolong yang sepadan yang disediakan oleh Tuhan. Sebab sebagai orang muda seringkali kita menyepelekan suatu hubungan. Bahkan ada yang beranggapan dirinya 'masih laku'. Anggapan seperti ini salah besar dan tidak bertanggung jawab. Justru dalam tahap pacaran, kita mesti mengenal dan memahami sifat-sifat pasangan apa pun keadannya. Karena dia adalah pilihan kita sendiri. Bukankah tidak ada yang memaksa kita sewaktu pacaran? Jadi kalau sudah menikah, terimalah pasangan kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Baik buruk pasangan, kita harus bisa menerima dan menutupinya dengan kasih yang tulus.

Ingatlah Allah tidak pernah mengizinkan dan tidak pernah menghendaki pasangan yang telah menikah untuk bercerai. Karena apa yang sudah dipersatukan Allah tidak boleh diceraikan oleh manusia. Itu sebabnya tidak boleh ada perceraian selain kematian yang memisahkan (Roma 7:2-3). Jadi, hormatilah firmanNya dengan tidak bercerai!

Terjemahan Baru
Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia   (Markus 10:9).

0 komentar

Posting Komentar