RENUNGAN HARIAN

SEMANGAT DONG!

renungan harian, renungan nasrani, renungan alkitab

Bacaan renungan: Ayub 16 dan 17

Saat membincangkan kondisi tubuh yang capek, saya teringat seorang teman, sebut saja namanya Mindi, dia itu nggak pernah mengenal kata lelah. Bayangkan, berangkat kerja pagi dan pulang malam sekali namun ia tidak kelihatan lelah. Lalu saya cerita pada teman saya yang lain tentang kondisi Mindi yang tidak kenal lelah. Kata teman saya, pasti Mindi sedang mengkonsumsi suplemen untuk mempertahankan kondisi tubuhnya tetap prima. Mungkin ada benarnya!

aku-percaya-yesus-semangat-dong

Tapi kenapa meskipun saya sudah minum suplemen tapi saya tetap merasa tidak memiliki stamina seperti Mindi? Saya merasa cepat lelah, padahal selain suplemen saya juga sudah mengkonsumsi susu. Saya juga cepat merasa bosan dan jenuh khususnya pada saat bekerja, padahal saya sudah coba suasana baru dengan memindahkan meja kerja saya. Kenapa yah...? Akhirnya saya merasa sangsi kalau suplemen dapat membuat seseorang mempunyai semangat yang berapi-api.

Ternyata, bukan suplemen loh yang bikin stamina kita kuat, tapi semangat hidup. Ini sudah saya buktikan sendiri. Meskipun saya sudah minum suplemen, minum susu, makan makanan yang bergizi, olah raga secara teratur dan istirahat dengan cukup, tapi kalau kita tidak memiliki semangat, belajar atau bekerja, apapun itu menjadi suatu usaha yang tidak maksimal. Meskipun sudah belajar tapi nilai tetap saja pas-pasan. Meskipun bekerja, tapi hasilnya biasa-biasa saja. Tapi akan menjadi suatu yang berbeda jika memiliki semangat hidup, meskipun istirahat kita kurang karena ngerjain tugas atau lembur sekalipun, kita tetap aja tidak merasa capek dan hasilnya pun maksimal. Bener loh! Ini sudah saya buktikan sendiri, ternyata faktor semangat amat menentukan keberhasilan kita.

Sobat, kata semangat erat kaitannya dengan hati yang gembira dan bertindak positif. Bahkan firman Tuhan sudah mengatakan lebih dahulu bahwa..."Semangat yang patah mengeringkan tulang." Jadi jelas sekali dong bahwa semangat mempengaruhi hidup kita menjadi lebih hidup. Tapi coba kalau kita tidak memiliki semangat, selain yang kita kerjakan tidak menghasilkan apa pun, sel-sel tubuh kita juga akan rusak dan akhirnya sakit. Sayangkan kalau masih produktif tapi sudah sakit-sakitan? Makanya semangat dong!

Terjemahan baru:
Amsal 17:22 berkata:  Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

0 komentar

Posting Komentar