RENUNGAN HARIAN

MELEMPAR KESALAHAN KEPADA ORANG LAIN

renungan harian, renungan nasrani, renungan alkitab

Bacaan renungan: Yunus 1:1-17

Suatu kali seseorang curhat dengan saya. Dia mengatakan bahwa hubungannya dengan orang tuanya sangat buruk. Orang gtuanya penyebab kegagalannya. Padahal menurut hemat saya, kegagalan akibat ulahnya sendiri. Dia tidak serius kuliah, sehingga dia pun di DO dari pihak kampus. Dalam hati, tega sekali dia menyalahkan orang tuanya sendiri...Bagi saya dia telah melemparkan kesalahan yang tidak bertanggung jawab.
melempar-kesalahan-kepada-orang-lain

Sepertinya manusia memang paling demen melemparkan kesalahan. Sejak Iblis berulah pertama kali di taman Eden hingga sekarang ini pun orang masih suka melemparkan kesalahan. Mereka mencuci tangan atas kegagalan yang menimpanya, Bahkan yang lebih parah lagi, mereka dengan tega meminta pertanggungjawaban Tuhan atas pencobaan yang menimpanya. Padahal, bisa jadi pencobaan itu datang dari ulah diri sendiri, "Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun."

Melemparkan kesalahan tidaklah pernah menghasilkan sebuah penyelesaian. Jika kita gagal, itu bukan kesalahan orang tua tapi kesalahan kita sendiri. Jika kita jatuh dalam pencobaan, itu pun karena kelemahan kita sendiri. Kita nggak layak menyalahkan Tuhan yang seakan-akan membiarkan kita dicobai. Kita perlu belajar dari pribadi Yunus sekalipun Yunus pernah berbuat kesalahan. Saat badai menggoncang kapal yang ditumpanginya, ia justru mengakui dengan jujur bahwa semuanya ini terjadi karena ketidaktaatan pada Allah. Yunus tidak menyalahkan Allah atau siapa pun yang ada pada saat itu. Dia sadar bahwa badai besar terjadi karena ketidaktaatannya pada Allah.

Sobat muda, berhentilah melemparkan kesalahan pada siapa pun! Belajarlah dengan rendah hati untuk mengakui bahwa apa yang terjadi dalam diri kita karena ulah kita sendiri. Selama kita terus menyalahkan orang lain, maka sampai kapan pun kita akan hidup dalam kebodohan karena kita tidak belajar dari kesalahan kita sendiri. mari kita bersikap seperti Yunus agar kita menyadari kesalahan kita dan pengampunannya Allah juga terbuka bagi kita!

Terjemahan baru:
Yunus 1:12 berkata; Sahutnya kepada mereka:  Angkatlah aku, campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda dan tidak menyerang kamu lagi. Sebab aku tahu, bahwa karena akulah badai besar ini menyerang kamu.

0 komentar

Posting Komentar