RENUNGAN HARIAN

BALAS DENDAM BOLEH TIDAK?

renungan harian, renungan nasrani, renungan alkitab

Kalau kita saksikan sinetron di televisi sekarang ini semakin tidak mendidik. Hampir semua alur ceritanya bermuatan balas dendam. Apalgi sinetron temanya, selalu saja mengupas kebenciaan, kejahatan dan balas dendam. Nah, kalau para muda tidak selektif dan berhikmat, bisa ditelan mentah-mentah semua cerita sinetron. Lebih berbahayanya lagi, banyak sekali tindakan kejahatan yang terinspirasi dari nonton sinetron. Mengerikan bukan?

balas-dendam-boleh-tidak

Konon, sikap balas dendam juga pernah menimpa anak-anak raja Daud. Perbuatan Amnon yang memperkosa Tamar menimbulkan sakit hati dan kepahitan dalam jiwa Absalom, kakak Tamar. Sebagai kakak, Absalom tidak terima adiknya dilecehkan. Itu sebabnya dia pun menyimpan dendam tehadap Amnon hingga Absalom tega membunuh Amnon. Mungkin kita menganggap apa yang telah dilakukan Absalom terhadap Amnon adalah hal yang wajar, sebab Amnonlah yang bersalah. Namun firman Tuhan dengan tegas berkata, "janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu..." (Matius 5:39)

Mungkin bagi orang yang tidak mengenal kasih Kristus, perkataan firman Tuhan ini dianggap sebagai kebodohan, karena menjadikan kita sebagai seseorang yang penakut dan pengecut. Tetapi apapun anggapan orang tentang kita, kita tetap tidak boleh menaruh dendam apalgi sampai membalasnya. Justru firman Tuhan semakin mengungkapkan bila orang menampar pipi kanan maka berilah pipi kiri. Rasanya memang nggak masuk akal, tapi itulah yang dinamakan dengan kasih, tindakan yang tidak pernah menuntut balas.

Sobat percaya, balas dendam tak akan menyelesaikan persoalan, malah menghasilkan rantai balas dendam yang semakin tak dapat diputuskan. Karenanya sekecil apapun kebencian berusahalah untuk segera dibereskan agar tidak membuahkan keinginan balas dendam dan buanglah pikiran-pikiran jahat karena dari situlah tumbuh keinginan balas dendam. Mari kita minta Roh Kudus untuk menguasai dan menyelimuti hati kita dengan kasih Kristus, agar kita dihindarkan dari keinginan balas dendam terhadap siapa pun!

Terjemahan baru:
Matius 5:44 berkata: Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

0 komentar

Posting Komentar