RENUNGAN HARIAN

TERGIUR OLEH DISKON

renungan harian, renungan nasrani, renungan alkitab

Bacaan renungan: Amsal 21:20-26

Kalau menyaksiakan berita di saluran televisi, dampak BBM sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Di sana sini banyak yang mengeluh dan menyesalkan kenaikan BBM. Sempat terlintas dalam pikiran saya kalau seluruh lapisan masyarakat pasti akan berhemat total. Tapi ironisnya, saat melewati jalan-jalan raya, tenryata masih banyak juga orang-orang yang mampu makan di restoran, di kafe-kafe dan lain sebagainya. Bahkan ada yang masih bisa berpergian ke luar kota untuk wisata dan yang lebih seru lagi ternyata pesta diskon di berbagai toko ternyata mampu membuat masyarakat rela menghamburkan uangnya untuk berbelanja. Apalagi yang namanya anak muda. Meskipun uang tersebut masih diminta dari orang tua, mereka dengan santai menghamburkan uang tersebut untuk membeli barang atau pakaian. Khususnya bila ada pakaian dengan merek yang terkenal. Nggak tanggung-tanggung uang sekolah pun digilas. Katanya,"Jarang-jarang ada merek terkenal sampai diskon besar seperti ini," dengan rasa kagum sekaligus bangga.

tergiur-oleh-diskon

Sobat, hati-hati dengan sifat konsumtif! Banyak anak muda yang tergiur dengan diskon gede-gedean plus bermerek terkenal. Pdahal diskon hanya merangsang kita untuk hidup boros. Seringkali karena diskonnya yang gila-gilaan, kita pun jadi tidak selektif dalam memperioritaskan kebutuhan kita; apakah barang itu sedang kita butuhkan saat ini atau tidak. Tuhan mengigatkan kita agar selektif dalam membelanjakan uang. Ingat loh, Uang itu juga merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan pada kita. Kita hanya diberikan kepercayaan untuk memegang dan mengolahnya dan bukan untuk memboroskannya! Makanya kita harus berhikmat dalam memanfaatkan uang milikNya. Jangan salah, meskipun kita menerima uang itu dari ortu atau hasil jerih lelah kita, tapi uang itu tetap anugerah dari Tuhan. Jadi, pandai-padailah dalam menggunakannya!

Sobat, nggak salah sih kita mencari diskon, tapi bersikaplah bijaksana dalam membelanjakannya! Lebih baik, mari kita mulai dengan gaya hidup sederhana, karena Tuhan pun mengajarkan agar kita mencukupkan diri dengan apa yang ada. Nah, kalau Tuhan Yesus aja suka dengan cara yang sederhana, kenapa kita harus boros? Ya, nggak!

Terjemahan baru:
Ibrani 13:5 berkata: Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

0 komentar

Posting Komentar