RENUNGAN HARIAN

KERAMAHAN PALSU

Pada dasarnya, orang memang sukar untuk merendahkan diri. Orang justru lebih senang dipuji, disanjung atau meninggikan diri, terlebih lagi mereka yang hidupnya telah berhasil. Banyak orang berpikir, jika mereka merendahkan diri, maka mereka tidak akan dihargai. Padahal, merendahkan diri menunjukkan kepribadian yang tidak sombong, tidak tinggi hati dan tidak menganggap dirinya lebih dari orang lain.

senyum-palsu
sumber gambar: www.writerscafe.org

Tuhan Yesus dengan jelas berkata bahwa, siapa yang terbesar diantara yang lain, hendaklah ia menjadi pelayan."Dan barangsiapa meniggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan." (Matius 23:12). Pernyataan Yesus telah dibuktikanNya melalui tindakan dikayu salib,"sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang."(Matius 20:28)

Dalam hal ini, Daud telah memberikan teladan yang baik bagi kita semua. Walau dia seorang raja yang terkenal dan berkuasa, tetapi dia tidak pernah mengaku bahwa dia sanggup mempertahankan nyawanya sendiri dari musuh dan maut. Daud memiliki kerendahan hati dan dia selalu merendahkan diri di hadapan Tuhan. Daud tidak pernah mengeraskan hati terhadap Tuhan dan tidak pernah menyalahkan orang lain. Sebaliknya ketika ia menghadapi apa pun,dia selalu membuka hati kepada Tuhan dan mengizinkan Roh Allah menyelidiki hatinya. Sekalipun dia ingin melawan dan membenci orang-orang yang telah melawan Tuhan, tetapi dia selalu memeriksa kembali dirinya; apakah perbuatannya itu benar dihadapan Tuhan atau tidak dan tindakannya itu benar-benar membela Tuhan atau hanya untuk kepentingannya sendiri.

Saudara, keberhasilan yang kita raih akan sirna bila kita tidak memiliki kerendahan hati. Oleh karena itu, rendahkanlah dirimu dihadapanNya sebab semua yang kita miliki berasal dari Tuhan, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu. Amin

Terjemahan Baru:
Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan. Matius 23:12

0 komentar

Posting Komentar