RENUNGAN HARIAN

KERENDAHAN HATI

Saya mempunyai seorang teman yang memang orangnya cerdas, memiliki berbagai talenta sehingga berpotensi dalam hal banyak hal. Tak heran bila setiap ada kegiatan, ia selalu dilibatkan dan memegang peranan penting. Benar-benar potensi yang ada pada dirinya sangatlah bermanfaat bagi lingkungan dimana dia berada, dan tidaklah salah kalau akhirnya ia menjadi seorang yang sangat percaya diri sekali sehingga merasa menjadi seorang yang sangat dibutuhkan dan berperan penting dalam setiap kegiatan. Karena kepercayaan dirinya yang terlalu tinggi, tidak sekali, dua kali ia mengeluarkan pernyataan seperti:" kalau saja bukan saya, untung ada saya, inilah hasil karya saya...", dan berbagai pernyataan bangga lainnya atas semua yang telah dilakukannya.

kerendahan-hati-yesus-ketika-membasuh-kaki-para-murid
sumber gambar: miamibeachcommunitychurch.com
Memang tidaklah salah kalau kita menjadi begitu percaya diri atau bangga dengan hasil karya kita. Juga tidak salah bila kita merasa begitu diperlukan. Bahkan perasaan semacam ini perlu dibangun. Namun satu hal yang harus kita ingat dan renungkan, bahwa segala sesuatu yang datangnya dari Tuhan, semuanya harus dikembalikan kepada Tuhan.

Kemuliaan, keagungan dan pujian yang kita terima, semuanya hanyalah milik Tuhan. Bila kita menggangap semua itu karena kita, itu salah! Tanpa disadari berarti kita telah mengambil atau mencuri kemulianNya, dan Tuhan tidak senang bila hal itu terjadi pada kita. Tuhan ingin melalui kepintaran, kebaikan, kemurahan hati, dan segala kelebihan kita, namaNya ditinggikan. Semakin kita banyak memiliki kelebihan seharusnya semakin kita sadar bahwa semua itu dari Tuhan. Tidak ada satu pun dalam diri kita yang layak dibanggakan. Semakin kita merendahakan hati dan berserah penuh, semakin kita dipakaiNya

Sobat muda, camkan bahwa kita hanyalah alat Tuhan. Kelebihan yang kita miliki tidak akan ada artinya bila Tuhan tidak berkenan. Oleh sebab itu, jangan pernah menyombongkan diri, sebaliknya mari kita merendahkan hati dan mengembalikan segala kelebihan kita untuk hormat dan kemulianNya.

Terjemahan Baru:
Tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN."
Yeremia 9:24

0 komentar

Posting Komentar