RENUNGAN HARIAN

MAKE A FRIENDSHIP

Memulai hubungan pertemanan sama seseorang adakalanya jadi hal yang sulit. Apalagi kalau orang itu adalah orang baru yang belum kita kenal sama sekali. Kadang kita harus memutar otak mencari cara untuk memulai hubungan itu. Apa pertanyaan atau perkataan yang harus kita lontarkan untuk pertama kali? Gimana sikap awal yang mesti kita perlihatkan supaya menimbulkan kesan yang menyenangkan? Adakalanya juga kita membiarkan perasaan tertentu menghalangi niat kita untuk menciptakan sebuah persahabatan. Mungkin perasaan sungkan, malu, enggan, egois, dan sebagainya.

sumber gambar: www.harisingh.com
Di kos-kosan saya, ada penghuni baru. Kebetulan kamarnya bersebelahan dengan kamar saya. Sebelum kami berteman, tiap kali kami berpapasan muka, ada perasaan sungkan untuk menegur terlebih dahulu. Saya takut dicuekin. Tapi saya sadar, kalau saya terus membiarkan rasa sungkan itu terus menghambat, saya enggak akan pernah memulai sama sekali. Saya akan kehilangan seeorang yang harus bisa saya jadikan teman. Lalu saya pun memulainya. Saya menyapanya terlebih dahulu dengan kalimat yang sederhana." HI...!" diiringi dengan senyum manis. Sejak sapaan pertama saya itu, kami pu berteman. Bahkan kini kami jadi sahabat yang saling berbagi dan menolong.

Mendapatkan seorang teman sesungguhnya bukanlah pekerjaan sulit. Kita enggak perlu 'membeli' seseorang untuk menjadikannya sebagai teman atau sahabat kita. Hanya diperlukan kerendahan hati dan ketulusan untuk menjadi teman yang baik bagi semua orang. Coba perhatikan kehidupan Yesus! Di manapun Yesus berada, Dia selalu ingin menciptakan suasana persahabatan. Yesus selalu menjadikan diriNya Sahabat bagi semua orang, untuk semua latar belakang dan golongan. Dalam urusan berteman, Yesus harus menjadi teladan kita. Sebab sebagai seorang Teman atau Sahabat, Yesus itu sangat peduli. Dia punya belas kasih, lemah lembut, sabar, tulus, ini jadilah teman yang baik bagi sebanyak mungkin orang.

Terjemahan Baru:
Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.
Roma 12:10

0 komentar

Posting Komentar