RENUNGAN HARIAN

URAPAN TUHAN

Hari ini kita akan melihat dua tokoh Alkitab yang sama-sama diurapi Roh Allah tetapi memiliki karakter dan jalan hidup yang berbeda, yaitu:

urapan-tuhan
sumber gambar: www.ccamedan.org

Pertama: Yusuf
Dia adalah seorang muda yang sabar dan tidak gampang menyerah pada keadaan sulit. Yusuf sangat disayangi oleh Yakub, ayahnya. Tetap dalam perjalanan hidupnya, ia mengalami banyak kesulitan. Namun Yusuf tidak menyerah pada keadaan hingga ia berhasil. Apa rahasianya? Yusuf hidup dalam pimpinan Roh Allah (Kej 41:38). Roh Allah inilah yang memberikan mimpi tentang masa depannya yang gilang gemilang. Makanya ia mampu menghadapi sikap dan prilaku saudara-saudaranya yang jahat. Yusuf nggak menganggap kesulitan yang dihadapinya sebagai kepahitan hidup. Bayangkan saja, seadainya Yusuf hanyut dalam kepahitan hidup yang dialaminya, tentulah visi yang diberikan Tuhan itu tidak akan menjadi kenyataan. Inilah yang patut kita teladani dari Yusuf.

Kedua: Simson
Dia sebenarnya pemuda yang gagah perkasa. Bayangkan saja, sejak lahir ia telah dipilih sebagai nazir Allah. sebagai nazir Allah, Simson hidup dalam urapan Allah yang penuh. Bahkan dia memperoleh kekuatan yang ekstra sehingga banyak perkara mujizat yang dilakukan oleh Simson dalam mengalahkan orang-orang Filistin. Sayangnya, dia tidak dapat menjaga urapan Roh sebagai nazir Allah dengan baik. Ia jatuh dalam dosa perzinahan. Akibatnya, Simson kehilangan kekuatannya (Hakim-Hakim 16:1-22).

Yusuf dan Simson adalah seorang pemuda yang sama-sama diurapi oleh Roh Allah tetapi sayang Simson meremehkan urapan Roh Allah yang diam di dalam dirinya. Sobat muda, saat kita mengalami pengurapan Roh-Nya, jangalah kita sekali-kali memberikan kesempatan kepada Iblis untuk merusak hidup kita! Urapan Roh-Nya memang dahsyat, tetapi bukan berarti lepas dari kehendak bebas kita. Kalau kehendak bebas kita tidak sejalan dengan pengurapan, otomatis pengurapan itu tidak bekerja dengan luar biasa lagi. Karena itu, mari kita hidup dalam pimpinan Roh Allah!

Terjemahan Baru:
Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya.    Amsal 14:26

0 komentar

Posting Komentar